UNTUK TEKNIK BARU BUDIDAYA SEMUT RANGRANG 2014,,SILAHKAN BERGABUNG DI ( http://laskarkroto.com )

Cara Membuat Elemen Ternak Pengganti Ratu





Apa kabar anda semua hari ini..?? Kami harap anda semua dalam keadaan sehat dan semua masalah yang membebani anda terselesaikan satu demi satu. Amin...!!

Melanjutkan postingan terdahulu Cara Beternak Tanpa Ratu  sebagian sudah saya singgung mengenai beternak semut rangrang tanpa ratu, memang bisa / di mungkinkan tetapi tidak semua semut rangrang dalam hal ini semut prajurit bisa menggantikan ratu untuk bertelur. Harus ada perlakuan khusus dari mulai mencari elemen ternak di alam bebas, masa karantina sampai pemeliharaan.

Bagi rekan-rekan yang belum membaca postingan Cara Beternak Tanpa Ratu  silahkan membaca dulu.

Sekarang mari kita membahas Cara Membuat Elemen Ternak Pengganti Ratu.

Adapun tahapan yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Cari elemen semut rangrang ( Prajurit ) dengan ciri-ciri : agresif, badan kelihatan gemuk ( sisi mencolok terlihat pada bagian perut dan pantat warna coklat merah kehitaman ) antena sedikit pendek dan besar ada guratan seperti cincin melingkar di bagian perut hingga pantat ( semakin banyak semakin baik = artinya siap untuk kita karantina jadi pengganti ratu untuk bertelur ) . Anda bisa dapakan elemen semut prajurit ini di tempat yang kurang terkena sinar matahari. 
  2. Kalau sudah ketemu...seperti biasanya bersihkan dari daun-daun sarang alam bebas, kalau sudah  masukkan ke toples.... rumusnya satu sarang satu toples. artinya jangan meletakkan beberapa sarang dalam satu toples yang sama ( Di khawatirkan tidak cocok lalu berantem meskipun satu koloni ( satu pohon misalnya ) tetap... jangan di campur.
  3. Karantina semut yang sudah ada di toples itu selama kurang lebih setengah sampai satu jam. bagian atas toples yang terbalik beri penutup apa saja ( bisa koran, kertas dll = fungsi membuat suasana gelap untuk bersembunyi sesuai dengan insting para semut ) hal ini di lakukan agar mempercepat semut- semut berkumpul di bagian atas. Kenapa harus berkumpul di bagian atas ?? supaya pada saat kita buka pintu keluar / masuk yang bagian bawah semut tidak banyak keluar. Di takutkan semut semut keluar toples beringas dan akibatnya bisa lompat / menjatuhkan diri ke lantai. INGAT......semut yang kita karantina / ini semut dengan tingkat agresif lebih tinggi dari pada yang lain karena mempunyai ciri seperti yang saya uraikan di atas. ( Atau di postingan terdahulu )
  4. Letakkan toples - toples di tempat gelap ( bisa rak model lemari atau di ruangan tanpa penerangan. Lebih baik kalau punya rak model lemari yang ada pintu untuk buka dan tutup ( Silahkan berimprofisasi )
  5. Setelah setengah atau satu jam buka lakban pintu masuk di toples yang bagian bawah sedikit demi  sedikit,  jangan langsung, kondisikan kalaupun semut keluar posisi antri. Dan yang perlu anda siapkan air minum berupa campuran gula pasir dan air sudah menunggu di depan pintu masuk. ( Kalau hal ini anda lakukan Isya Allah agak bisa di ajak kompromi semut-semut dari naluri beringasnya = Keluar sudah antri dan kalaupun sudah di luar toples menu minuman segar sudah tersedia...Gitu...!!! ).
  6. Untuk pintu keluar masuk bagian atas silahkan anda buka jika semut-semut sudah tenang.
  7. Penting....!!!! JANGAN DI KASIH MAKAN SELAMA KARANTINA, TAPI MINUMAN AIR CAMPUR GULA PASIR SEDIKIT KENTAL HARUS SIAP SETIAP SAAT.
  8. Kalau anda mempraktikkan sesuai dengan runtutan seperti yang saya jelaskan dari mulai memilih bibit dengan ciri-ciri seperti di atas, memperlakukan tahapan karantina saya yakin dalam sepekan anda sudah mendapatkan pengganti ratu untuk siap bertelur.
BAGI MEMBER REPUBLIK KROTO ( LKP. LASKAR KROTO ) BILA ADA YANG KURANG DI MENGERTI ATAU BELUM DI FAHAMI SILAHKAN HUBUNGI 0853 3035 3327 UNTUK MENDAPATKAN PENJELASAN DETAIL.
Semoga bermanfaat sampai ketemu di postingan mendatang


Salam Sukses

1 komentar:

brasbuke mengatakan...

Sangat bermanfaat gan.,
Ni sekalian sazamau nanya bos..
Saya ternak kroto tanpa ratu, tapi udah 2 minggu ini tidak ada telor kecilnya / tidak bertelor..
Gimana cara ngatasinya ya,.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting