UNTUK TEKNIK BARU BUDIDAYA SEMUT RANGRANG 2014,,SILAHKAN BERGABUNG DI ( http://laskarkroto.com )

Panen Satu Kilogram Lebih Perhari Bagian 2

Hallo apa kabar Kroto Lover di manapun anda berada. Kembali malam hari ini Republik Kroto menurunkan tulisannya yang bertajuk  "Panen Satu Kilogram Lebih Perhari Bagian 2". Bagi anda yang sudah senior dalam beternak semut rangrang penghasil kroto mungkin sudah tidak heran lagi.... tapi bagi rekan-rekan pemula saya berfikiran ada baiknya saya urai satu demi satu bagimana mendapatkan panen dalam sehari satu kilogram bahkan lebih. Permisi dan mohon ma'af mungkin konsumsi tulisan ini kurang tepat bagi yang sudah senior dalam beternak kroto.

Mari kita mulai membahas satu demi satu hal-hal apa saja gerangan yang perlu di siapkan dan perlu di perhatian supaya kita dapat  Panen Satu Kilogram Lebih Perhari.

Adapun hal-hal yang perlu kita siapkan atau perlu kita perhatikan adalah sebagi berikut :


Mindset / Pola pikir yang handal sangat di perlukan untuk memulai beternak kroto. Pola pikir militan akan memberikan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran awal. Artinya apa, artinya dalam memulai beternak kroto memang banyak sekali dinamika di dalamnya. Kalau kita mudah menyerah bisa di pastikan kegiatan memulai ternak ini akan gulung tikar sebelum kita mendapatkan hasil meskipun hanya pengalaman beternak kroto. Pengalaman dari berbagai macam dinamika dalam memulai ternak kroto adalah guru yang tidak akan pernah kita dapatkan di berbagai macam kursus maupun pelatihan yang di adakan berbagai Lembaga Kursus dan Pelatihan.
Pengalaman yang pahit maupun pengalaman yang manis akan menjadi titik tolak kedepannya jika kita lambarin sikap mental yang militan.Untuk memulai lagi dengan semangat empat lima jika terjadi kegagalan awal. Pun juga akan menambah volume / jumlah ternak jika di rasa sudah mulai mengenal seluk beluk cara beternak kroto yang mendekati benar. 
Mahalnya ilmu cara beternak semut rangrang penghasil kroto yang benar adalah salah satu jawaban kenapa teman-temen menyerah sebelum memulai...bahkan berhenti di persimpangan jalan.... Atau juga banyaknya pendangkalan ilmu beternak semut rangrang saat ini, mengakibatkan calon peternak salah mengambil ancang-ancang di awal memulai ( Salah posisi Start ). Kalau sudah kurang benar di awal...selanjutnya ????

Tempat Ternak / Ruangan Tangkar

Tempat ternak / ruang tempat kita menangkarkan semut rangrang, juga berperan sangat penting dalam memperoleh hasil kroto supaya maksimal. Tempat tidak harus mewah. Bagi anda yang pernah budidaya jamur baik tiram, merang pasti masih ada kumbung. Nah....kumbung eks. budidaya jamur bisa anda manfaatkan. Atau bagi anda yang mempunyai ruangan kamar kosong tidak terpakai juga bisa anda manfaatkan.

Intinya tempat / ruangan tangkar haruslah mempunyai kriteria sebagai berikut :

  1. Bukan area lalu lintas penghuni rumah ( Seperti dekat kamar mandi atau dapur suatu misal )
  2. Tidak ada bunyi yang membuat koloni semut rangrang terganggu seperti memutar musik dengan sound system yang besar.
  3. Terlindung dari panas dan air hujan
  4. Tidak ada perabot lain di area ternak selain rak seperti dekat dengan korden dan lain-lain
  5. Lebih detailnya silahkan di baca postingan kami terdahulu.

Rak  Sebagai Media Tangkar

Peranan rak dalam beternak semut rangrang penghasil kroto sangat vital. Selain sebagai tempat penampungan koloni semut yang ada dalam toples, Sebenarnya rak bisa kita gunakan untuk memacu proses perkawinan secara massal. Gunakan media gabungan alami dan modern. Silahkan bereksperimen media apa yang cocok untuk laskar kroto anda. 

Detail tentang rak standar bisa anda baca pada postingan kami Cara Membuat Rak
                                                                                                                                                                                  

( PENGGALAN DESAIN RAK ALAMI MODERN )

BAGI ANDA YANG BEKERJASAMA DENGAN REPUBLIK KROTO UNTUK MEMULAI BETERNAK DENGAN JUMLAH BESAR ( MINIMAL 300 TOPLES )  DESAIN RAK YANG MENGADOPSI UNSUR ALAMI DAN MODERN SERTA PENGAMAN GANDA SUDAH KITA SIAPKAN DI BANTU REKAN "MBOK DANI - PONOROGO" UNTUK DESAIN GRAFISNYA. SILAHKAN CEK DI ALAMAT EMAIL ANDA MASING-MASING.




Di lanjut kawan-kawan pembahasan bagaimana kita bisa panen satu kilo perhari bahkan lebih...........!!!!!


Bibit Ternak Kroto


Yang tidak kalah pentingnya adalah bibit kroto. Bibit kroto yang akan kita ternak / tangkar haruslah memenuhi syarat- syarat standar ternak. Apa saja syarat-syarat standar ternak tersebut ? Serta elemen- elemen ternak yang bagaimana yang wajib dan hukumnya harus kita memiliki dalam tiap toples. ( Detail akan kami bahas pada postingan mendatang karena butuh sub postingan khusus) 

Pemeliharaan 

Pemeliharaan sebenarnya mudah dan tidak membutuhkan waktu ekstra / waktu khusus tapi kadangkala ada sebagian teman-teman yang membuat repot dirinya sendiri dengan membuat / melakukan hal-hal yang kontra dengan kehidupan semut rangrang. Suatu misal memberikan minuman madu. Mungkin teman yang saya gambarkan ini berfikiran supaya semut ternakannya cepat berkembangbiak dan memperoleh hasil seperti yang di dambakan. Postingan detail tentang makanan semut rakrang bisa anda  baca di Makanan Semut Rangrang
Kembali saya tegaskan atau saya ingin mengingatkan dalam beternak semut rangrang tugas kita adalah membuat suasana hampir menyerupai keadaan kehidupan semut rangrang itu sendiri di alam bebas. Jangan sekali sekali membuat tindakan yang kontra atau betentangan dengan kehidupan semut dengan segala dinamika kehidupan di dalamnya yang sebagian masih gelap. Air campur gula pasir sebenarnya cukup untuk makanan plus minuman bagi semut rangrang yang kehidupannya sudah kita pindahkan di tempat tangkaran kita. Kalaupun ingin kepuasan batin bagaimana sih semut rangrang kalau sedang makan...??? Anda bisa memberikan jangkrik dalam keadaan hidup-hidup ke kerumunan koloni semut rangrang. Perhatikan dengan seksama . Lima belas menit kemudian silahkan datang ke ruangan ternak anda dan lihatlah jangkrik yang kita berikan tadi posisinya dimana dan apa masih di kerubutin koloni semut atau di biarkan terbengkalai. Lain halnya dengan air yang di campur dengan gula pasir...usahakan harus selalu siap setiap saat.

Dan tips dari saya usahakan jangan membuat stock air campur gula ini dalam kondisi banyak ( Jangan di tampung untuk berkali-kali pemberian air minum). Buatkan secukupnya saja dan pada saat mau memberikan lagi buatkan lagi secukupnya. Begitu seterusnya.

Air campuran gula pasir kalau kita endapkan unsur di dalamnya akan berubah dan akan kontra dengan zat-zat yang di butuhkan semut rangrang dalam proses perkembangbiakan - perkawinan.

Demikian postingan malam ini saya cukupin sampai di sini semoga sedikit banyak bisa memberikan gambaran dasar bagaimana kita memulai beternak kroto yang mendekati benar dengan target capaian satu kilogram perhari bahkan lebih.


Terima kasih sudah berkenan singgah di blok Republik Kroto. Ketemu lagi di postingan mendatang yanga masih membahas  Panen Satu Kilogram Lebih Perhari Bagian 3 ( Sub Pokok Bahasan Bibit Ternak Kroto).


Selamat Malam 



Salam Hormat. 

5 komentar:

Wahyu Gumilar mengatakan...

luar biasa u/ Republik Kroto

kroto laskar mengatakan...

Makasih Mas Wahyu sudah berkenan mampir di blog Republik Kroto

UPK Jatirogo mengatakan...

terimakasih telah berbagi ilmu dan pengalamannya. Tentunya sangat bermanfaat sekali bagi peternak pemula seperti saya.

mywall mengatakan...

Ilmu yang berguna...matur suwun bos

mywall mengatakan...

sharing yang berguna .. matur suwun bos

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting