Metode/ Teknik Baru Dalam Beternak Semut Rangrang... Belajar Dari Kekurangan Metode Lama..Kami Hadir Di Tahun 2015 ini Mengusung Pola - Teknik Terkini .Silahkan Bergabung ( http://laskarkroto.com )

Ternak Kroto dan Lampu Mercury

Selamat pagi semua.kami harap kabar anda semua dalam keadaan baik. Kembali pagi ini Tim LKP. Laskar Kroto mau sedikit meluruskan beberapa mitos yang bagi kami dari LKP. Laskar Kroto - Lamongan sangat menyesatkan untuk di ikuti rekan-rekan peternak kroto pemula dalam bentuk praktik kongkrit. Semua yang akan kami hidangkan lewat tulisan sederhana ini murni dari pendapat kami, anda yang membaca di harapkan tidak serta merta langsung percaya ( Membenarkan / mengiyakan / meng-amin-in.). Dan untuk para Master kroto kami minta ijin meluruskan mitos-mitos beternak kroto notabene sangat menyesatkan ( Versi Kami )

Jangan percaya kata-kata " KATANYA " Buktikan dulu BENAR dan NYATANYA

Beternak semut rangrang sampai saat ini tidak ada standarisasi khusus, semua masih dalam proses menuju " SEMPURNA " = ( sempurna yang kami maksudkan adalah mendekati benar ) karena sempurna hanya di miliki Tuhan Semata. 
Tidak salah kalau kita berikhtiar untuk menjadi baik dan benar.Seperti juga dalam beternak kroto kita semua saat ini MASIH mencari cara yang MENDEKATI BENAR dalam beternak.
Meski demikian ada hal-hal yang perlu kita hindari dalam turut serta menyempurnakan cara beternak kroto.

Satu minggu ini tim kami kebanjiran pertanyaan, di mana pertanyaan tersebut sebagian akan kami ulas pada postingan pagi ini. 

Mari kita bahas salah satu pertanyaan teman yang di kirimkan kepada tim kami. Pertanyaan ini mewakili pertanyaan-pertanyaan yang lain, di mana maksud pertanyaan sama 


" Selamat siang Mas. Saya..........di .........kalau boleh saya mau tanya, berapa watt lampu mercury yang harus saya pasang di kandang ternak kroto saya.Sementara baru 100 watt. Terus pasangnya di tengah-tengah atau agar ke samping dari rak . Terima kasih sebelum dan sesudahnya"

Mari kita cermati pertanyaan salah satu teman ( mewakili pertanyaan teman yang lain ).
  1. Lampu Mercury berapa watt ?
  2. Di pasang di tengah rak atau di samping rak
Sebelum kami jawab alangkah baiknya kita cari referensi dulu biar agak ilmiah sedikit jawaban kami. Referensi yang kami maksud adalah pemahaman dasar serta efek kedepannya.


MATA SEMUT RANGRANG

Teman-teman sekalian. Semua semut rangrang yang lahir dalam keadaan normal di beri karunia mata oleh Tuhan YME sama seperti karunia mata yang di berikan kepada serangga yang lain. Mata semut rangrang ada dua ( Sepasang - satu pasang ). Tetapi beda dengan serangga yang lain.

 Silahkan di baca artikel salah satu teman berikut ini :

Semua makhluk hidup memiliki indra atau alat untuk menerima rangsang yang sama. Begitu juga pada serangga. Seperti halnya pada makhluk hidup lain, serangga mempunyai  mata. Mata pada serangga digunakan untuk menerima rangsang dari cahaya. Mata pada serangga di bagi menjadi beberapa bagian, yaitu mata tunggal atau oseli dan mata faset atau omatidia. Mata tunggal pada serangga mempunyai lensa kornea yang tunggal, sedangkan mata majemuk merupakan kumpulan dari mata tunggal yang dilapisi oleh lensa kornea segi enam. Serangga mempunyai dua buah mata majemuk dan tiga buah mata tunggal. Mata tunggal berfungsi untuk membeda-bedakan intensitas cahaya yang diterima sedangkan mata majemuk berfungsi sebagai pembentuk bayangan yang mozaik.
Walaupun serangga mempunyai mata yang cukup kompleks dan banyak, ada sejumlah serangga yang buta warna, yaitu tidak dapat membedakan warna.  Namun tidak sedikit pula yang dapat membedakan warna. Serangga dapat membedakan warna karena adanya perbedaan pada sel-sel retina pada mata serangga.  Serangga sangat menyukai warna-warna yang terang, seperti kuning.( Lestari Febri )

Semut rangrang termasuk golongan serangga. Mata semut rangrang masuk pada kategori mata majemuk atau Mata Faset  
Mata faset gunanya untuk mendeteksi gerakan. Bagi semut rangrang setiap gerakan dapat berarti musuh yang harus dijauhi atau mangsa yang harus ditangkap
Simpulan :
Semut rangrang termasuk serangga mempunyai mata majemuk yang menyukai warna ( cahaya ) terang. Mata semut rangrang berdimensi majemuk atau mata faset, di mana fungsi mata faset adalah untuk mendeteksi gerakan. Bagi semut rangrang setiap gerakan dapat berarti musuh yang harus dijauhi atau mangsa yang harus ditangkap


LAMPU MERCURY


Definisi lampu uap ( Lampu Mercury ) . Lampu uap dalam bahasa Inggrisnya adalah Vapour Lamp atau disebut juga lampu pelepasan gas dalam bahasa Inggrisnya (gas discharge lamp). Lampu uap merupakan jenis lampu tabung dengan sumber cahaya yang diperoleh dari gejala radiasi ion gas.
Warna cahaya radiasi ini tergantung dari jenis dan tekanan gas di dalam tabung, misalnya neon (merah), neon dan raksa (biru), dan natrium (kuning) serta helium (merah jambu).
Lampu uap raksa biasanya digunakan karena efisiensi yang relatif tinggi. Bola lampu terlapisi fosfor memberikan warna cahaya yang lebih baik daripada lampu uap natrium. Lampu uap raksa juga memberikan umur yang lebih panjang, selain itu juga memberikan penyinaran yang kuat dan terpusat.(shvoong )


Orang selalu menganggap remeh bahaya Mercury (Hg) atau air raksa.
Mercury sering dijumpai pada lampu tradisional (seperti jenis neon biasa/ CFL) dan termometer. 1g mercury akan meningkatkan konsentrasi dalam kamar dari 15cbm menjadi 22cbm, 2200 kali lebih tinggi daripada atmosfir normal. Jika seseorang yang sehat berada di dalam ruangan dengan konsentrasi mercury 1mg/cbm selama 2 jam saja, orang tersebut akan merasakan pusing, sakit kepala dan kesulitan bernafas.
Pada beberapa kasus (terutama pada anak-anak dan wanita hamil) akan berakibat fatal (bahkan dengan koreksi yang benar sekalipun, seperti menaburkan bubuk sulfur, atau membuka seluruh jendela dan pintu ruangan).
Akan membutuhkan berbulan-bulan sebelum konsentrasi mercury turun ke normal kembali. Belum lagi bahayanya bioa konsentrasi mercury dalam jumlah besar mencemari sistem air minum kita, yang sempat menyebabkan kematian ribuan orang di Jepang.
Untuk itu mari kita beralih dari produk-produk lampu yang masih menggunakan mercury, ke produk lampu yang ramah lingkungan seperti LED  ( Pusat Led Indonesia )


Simpulan :

Dari dua artikel di atas dapat kita ketahui bagaimana lampu mercury di buat, juga efek jika di gunakan secara berlebihan / bahayanya memakai lampu jenis mercury apalagi dalam jumlah watt besar. Efek ke manusia saja sangat besar apalagi radiasi mercury terkena semut peliharaan kita. Kami yakin lama kelamaan koloni semut kita akan terpapar radiasi.

Kembali ke pertanyaan yang di ajukan teman-teman

" Selamat siang Mas. Saya..........di .........kalau boleh saya mau tanya, berapa watt lampu mercury yang harus saya pasang di kandang ternak kroto saya.Sementara baru 100 watt. Terus pasangnya di tengah-tengah atau agak ke samping dari rak . Terima kasih sebelum dan sesudahnya"

Republik kroto - LKP Laskar kroto tidak tidak pernah menganjurkan / mereferensikan / menyarankan penggunaan lampu dengan watt besar pada kandang ternak / tangkar. Apalagi jenis Lampu Mercury. Kebalikan dari pertanyaan yang di kirimkan teman di atas kami menyarankan untuk beternak dengan penerangan minim. Bukan tanpa alasan atau sebab. Bahkan kami pernah menyarankan untuk memakai rak ternak menggunakan pintu seperti lemari.
Tidak salah memang, semut rangrang termasuk serangga yang menyukai warna / cahaya terang. Tetapi jika warna atau cahaya yang terang tersebut di letakkan di luar area ternak apakah tidak bunuh diri pelan-pelan kita. Lama kelamaan semut akan berkurang sebagian terbang sebagian lagi akan mati berantem sesama koloni akibat zat feromon yang terlalu berlebihan di udara.
Selanjutnya kami juga membuat merancang - desain untuk menghindari kendala dalam proses penangkaran. Ingat kan... postingan kami tentang Rak Ternak Kroto Pengaman Ganda. Rak pengaman ganda kami desain dengan memberikan tingkat pengamanan ganda / dobel,salah satunya berupa jaring nyamuk / paranet di bentuk kubus untuk melindungi area ternak. Melindungi semut rangrang keluar area rak ternak juga melindungi elemen semut yang masih bersayap agar tidak kabur / terbang.

Terlepas dari artikel Pusat Led Indonesia tentang bahaya memakai lampu mercury. Saya akan menjelaskan masalah yang akan timbul jika anda memakai lampu penerangan dengan watt besar. Tidak hanya lampu mercury tapi untuk jenis-jenis lampu yang lain.

 Apa saja masalah yang anda akan hadapi jika menggunakan lampu mercury atau dengan watt besar :

  1. Semut tangkaran anda khususnya yang semut jantan,ratu status bupati sampai dengan status gubernur ( masih bersayap ) di mungkinkan akan terbang mendekati sinyal cahaya dari lampu yang anda pasang ( Serangga termasuk semut rangrang menyukai cahaya terang ) Akibatnya semut tangkaran anda akan habis sedikit demi sedikit karena terbang. Khusus yang masih bersayap ( Elemen ternak anda akan berkurang )
  2. Akan terjadi pekelahian SESAMA koloni karena pelepasan zat feromon secara massal ke udara di akibatkan sinyal lampu yang di terima semut terdeteksi secara massal pula. Dan sebagian semut menterjemahan sinyal lampu sebagai predator / musuh yang harus di atasi. Reflek yang di berikan sebagian semut adalah dengan melepaskan zat feromon pertahanan diri ke udara. Dan kalau ada penumpukan zat feromon "Pertahanan diri = sejenis asam lemah " ke udara dengan jumlah banyak, bisa kita pastikan bunuh diri akan berlangsung. ( senjata makan tuan ). Semut tangkaran kita akan mati terkena zat feromon pertahanan diri yang semestinya di pakai untuk menghadapi musuh. Belum lagi kacaunya sinyal , mengakibatkan semut satu dengan yang lain tidak bisa mengenali bahwa mereka satu koloni ( Se-bangsa dan Se-tanah air ...heheheheheh )
  3. Kita beternak semut rangrang bukan seperti kita membasmi walang sangit harus memakai lampu dengan watt besar , apalagi lampu mercury ( TDL mahal kayaknya, makanya jangan boros)
  4. Belum lagi dampak yang di akibatkan lampu mercury versi teman-teman yang ingin menyelamatkan lingkungan dari dampak penggunaan lampu mercury berlebih akan lebih komplek lagi permasalahan yang akan anda hadapi.
Rekan- rekan sesama peternak kroto di manapun anda berada
  1. Kalau memang ada yang mudah / ada sederhana atau cara kerja yang simple dalam beternak semut rangrang untuk menghasilkan kroto dengan jumlah maksimal, kenapa anda mempersulit diri sendiri dengan memakai cara susah / ribet / ruwet bin boros lagi. Dengan mengeluarkan cost yang lebih banyak.Alangkah lebih baik kelebihan dana tersebut untuk biaya operasional menambah jumlah koloni semut tangkaran anda.
  2. Semut rangrang termasuk serangga dengan mata majemuk ( Mata Faset ) terindikasi lebih cepat proses perkembangbiakannya di area dengan kadar keasaman mendekati nol atau juga minim cahaya. ( Lihat gambar rak pengaman dan fungsi ganda di lengkapi bambu )
  3. Tugas kita sebagai peternak adalah memberikan fasilitas yang hampir menyerupai keadaan lingkungan semut rangrang di alam bebas. Selanjutnya biarkan semut-semut tangkaran kita melanjutkan kehidupanya. Kita tidak bisa merubah pola hidup semut tangkaran kita sesuai yang kita inginkan.( Tupoksi elemen semut rangrang sudah di berlakukan puluhan tahun yang lalu. Sampai hari ini belum pernah kami dengar tupoksi semut rangrang di update )
Demikian sekedar menjawab pertanyan yang di kirimkan kepada kami. Tidak ada unsur berdaya negatif untuk menghambat anda bereksperimen dalam rangka turut serta menyelamatkan salah satu ekosistim dari kepunaan akibat perburuan liar yang kurang bijaksana.

Ketemu lagi di lain kesempatan. Mohon maaf bila ada salah-salah kata. Terima kasih sudah mampir di Republik Kroto.

BIARKAN LASKAR SEMUT ANDA MEMBANTU ANDA MENCAPAI KESEJATERAHAAN  DI REPUBLIK INDONESIA TERCINTA INI. MERDEKA TANPA BATASAN. TAPI TETAP MENGEDEPANKAN KESANTUNAN KEPADA ALAM.

TUGAS KITA HANYA MEMBERIKAN MEDIA ALTERNATIF, BUKA MERUBAH PEDOMAN BAKU " PAKEM " YANG SUDAH DI JALANAI SEMUT RANGRANG.

 



    Salam Sukses



Tim LPK. Laskar Kroto  

8 komentar:

Rudy_Crb mengatakan...

salam buat republik kroto,,

jadi kesimpulannya ternak kroto tidak perlu memakai penerangan ???

Salam,
Rudy

kroto laskar mengatakan...

u/ sdr Rudi_Crb...beternak kroto bukan tdk memakai lampu penerangan tetapi kearah mana anda beternak. '" Ternak " ataukah " tangkar " Yg kami maksud TERNAK adalah budidaya semut rangrang hanya pada menghasilkan kroto lalu di panen. Tetapi TANGKAR adalah membiarkan kroto sampai menjadi koloni baru. Sisi operasionalnya ada perbedaan,,termasuk sisi penerangan.

Ke arah mana anda budidaya semut rangrang ? Langsung menghasilkan kroto ataukah memperbanyak koloni dulu.

kamaludin. buser mengatakan...

saya tertarik olh artikel anda..tentang ternak / tangkar semut rangrang yg menghasilkan kroto,,,bgmn cr nya ?? apa bs ys pesen ketukang pencari kroto lalu sy tangkar indukan semut rangrang itu di rmh ??? maaf krn sy blm phm smsekali, trims

kroto laskar mengatakan...

Sdr. Kamaludin Buser, Tidak bisa beternak semut rangrang ( ternak / tangkar ) dengan membeli bibitnya dari pencari kroto tradisional. Semut rangrang mempunyai sifat " sosial sejati " Contoh di kehidupan manusia seperti negara yang menganut faham sosialis- cenderung komunis. Artinya sifat kegotong royongan di utamakan, sama rasa, sama karsa. Bibit ternak kroto harus satu kesatuan, harus dari koloni yang sama. Tidak bisa elemen ternak satu di ambil dari tempat A elemen lain dari tempat B,C,D. Akan terjadi perkelahian di sisi lain meski satu koloni, kalau kita salah pelihara saja jg terjadi perkelahian. Untuk kroto yang ingin anda tangkarkan dari membeli ke pencari / penjual kroto adalah tindakan yang kurang benar di samping kurang efektif juga kroto tersebut sebagian sudah mati karena terifeksi tangan atau benda lain ( tidak desinvektan ). Di sarankan anda kalu ingin memulai beternak cari di alam bebas seperti kreteria BIBIT UNGGUL di postingan kami atau kalau dana anda menunjang silahkan membeli kepda penjual bibit notabene sudah banyak yang jualan di internet.

kamaludin. buser mengatakan...

beli bibit nya di mana bang????

none mengatakan...

Laaa teruss..
kalo Langsung menghasilkan kroto lampunya gimana & memperbanyak koloni dulu lampunya gimana? ato gak usah pakai, cukup penerangan matahari dari jendela saja??

kroto laskar mengatakan...

u/ Mas Kamaludin. Beli bibit bisa di mana saja tidak harus beli di Republik kroto. Kalau inging berdiskusi di persilahkan meski tdk beli bibit

kroto laskar mengatakan...

u/ sdr. None...Intinya untuk penangkaran penerangan di buat minim tetapi untuk peternakan penerangan di sesuaikan dg tingkat keamanan rak. Antisipasi semut jantan dan ratu status ( bupati, walikota, gubenur ) terbang

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting