Metode/ Teknik Baru Dalam Beternak Semut Rangrang... Belajar Dari Kekurangan Metode Lama..Kami Hadir Di Tahun 2015 ini Mengusung Pola - Teknik Terkini .Silahkan Bergabung ( http://laskarkroto.com )

Cara Membuat Rak Ternak Kroto

Hallo Kroto Lovers...apa kabar hari ini...baik bukan ?? Semoga demikian adanya. Amin.

Malam ini kembali Admin 2 Republik Kroto akan berbagi Tips Cara Membuat Rak Ternak Kroto.
Kenapa sih.... saya posting Cara Membuat Rak Ternak Kroto ?
Kan mudah buatnya ???
Betul sekali mudah, tapi kalau membuatnya tidak memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan beternak semut rangrang penghasil kroto. Akibatnya bisa fatal bin berabe. Semut bisa melarikan diri keluar area yang kita isolir, semut bisa jatuh bunuh diri karena faktor keamanan kurang memadai, semut juga bisa pindah kamar yang semula di dalam toples atau wadah karena merasa kurang nyaman mereka ogah masuk toples / wadah.Jadinya apa? Semut ngerumpi di luar toples.Kita pusing tujuh keliling di buatnya. Betul kan...?
Betul  dong.!!

Lanjut........!!!!!

Cara membuat rak ternak kroto sebenarnya mudah dan tidak banyak membutuhkan biaya. Syarat-syarat yang harus di penuhi antara lain adalah :
  1. Faktor Keamanan.
  2. Faktor Kenyamanan.
  3. Bukan media alternatif.
Mari kita bedah satu demi satu.

FAKTOR KEAMANAN

Rak yang kita buat untuk beternak harus bisa memberi situasi aman. Aman bagi siapa ? Aman bagi kita... Si Peternak tentunya,, dan juga aman bagi semut tangkaran kita. Dari siapa? Dari predator lain yang ingin mengusiknya. Emang ada predator musuh si semut ? Ada dan banyak. Siapa saja mereka. Mereka adalah Cicak, semut merah spesialis semut gula, dan sang pengerat tikus.
Faktor keamanan bagaimana yang harus kita sebagai peternak capai dalam penggunaan rak?? Yang pasti rak bisa kita gunakan untuk mengisolasi semut-semut agar tidak bisa keluar area isolir.Kokoh alias kuat untuk menopang media ternak dalam hal ini toples, tempat minum, dan lain-lain.( Termasuk kuat mengantisipasi keteledoran kita...barangkali menyenggol...kalau raknya ringkih...roboh kan???)

FAKTOR KENYAMANAN

Rak yang kita buat untuk beternak harus bisa memberikan suasana nyaman bagi kita peternak khususnya.  juga nyaman bagi semut-semut tangkaran kita . Maksudnya apa ?? kita tidak di buat pusing dengan suasana yang di akibatkan pihak ketiga ( Predator ) juga semut-semut itu sendiri. Intinya pihak ketiga ( Predator ) tidak bisa mengusik ketenangan semut rangrang. Misalnya rak di modifikasi sedemikian rupa supaya cicak, tikus tidak bisa menjangkau. Begitu pula semut merah spesialis gula, mereka juga tidak bisa ikut menikmati hidangan air gula.... yang sedianya kita berikan ke semut rangrang..tidak tahunya ada tamu yang tidak di undang datang ( Semut merah spesialis semut gula = Ada Gula Ada Semut...Semut ini yang saya maksud...bukan semut rangrang )

BUKAN MEDIA ALTERNATIF

Maksudnya apa rak bukan media alternatif. Maksudnya adalah rak yang kita buat jangan sampai memancing semut-semut tangkaran kita bermigrasi. Emang ada... dan mungkinkah?? Ada dan sangat mungkin terjadi. Dari sebagian anda barangkali ada yang memakai rak terbuat dari bambu. Pada rak yang terbuat dari bambu ini semut-semut akan terpancing keluar dan tidak betah di dalam toples. mereka akan masuk di sela-sela bambu. Sebenarnya tidak terlalu masalah, karena kalau mereka sudah menghasilkan kroto. kroto tersebut akan di boyong ke dalam toples. Dengan satu syarat di dalam toples masih bercokol sang Ratu.
Kenapa semut-semut rangrang tangkaran kita lebih menyukai bambu dari pada toples plastik. Sederhana jawabannya....Pada Bambu pH ( Derajat keasaman ) Netral. Dan pada tingkat pH Netral semut rangrang bisa memfungsikan Zat Feromon untuk perkembangbiakan. Buktinya apalagi kalau bambu netral ? Dulu sebelum Bidang Kedokteran semaju sekarang ini..alat untuk memotong ari-ari dan juga khitan adalah bilah bambu tipis menyerupai pisau. Artinya bambu pH-nya Netral. Selain juga Desinfektan. Ingat semut rangrang adalah hewan yang menyukai kebersihan dari mikroba dan bakteri sekalipun.

Jadi...... bagus mana beternak di media TOPLES atau BAMBU. Tegas saya jawab bagus pakai media BAMBU., Tapi ada sisi kekurangannya. Dan kekurangan tersebut.... biasa akan kita bahas pada postingan-postingan yang akan datang.

Lanjut....!!!!!


Di bawah ini ada beberapa contoh gambar rak kiriman teman dari Kota Ponorogo Jawa Timur. Beliau adalah "Mbok Dani " semoga bisa menginspirasi teman-teman calon peternak juga peternak dalam memulai membuat rak. Semoga juga bagi Rekan " Mbok Dani" Sehat selalu, murah rejeki dan ternak krotonya semakin berhasil.Amien.





Saran saya buatlah rak yang memakai bahan triplek dengan penambahan LIS TEPI untuk pengaman semut tidak terjun bebas. Apalagi paska karantina biasanya peternak langsung membuka penutup pintu keluar masuk secara spontan ( Lakban ).Tidak di lakukan secara bertahap. Lis tepi akan banyak membantu mengantisipasi semut jatuh ke lantai dengan mengoleskan GREASE di penampang atas lis tersebut.

Tips : Untuk kaki rak silahkan di olesi lem tikus 2 cm memutar .


Sedikit tips semoga bermanfaat. Ketemu lagi di lain kesempatan dengan postingan yang lain seputar ternak kroto serta berbagai varian dinamika di dalamnya.

Semoga Sukses.....!!!!


Salam Hormat

3 komentar:

Mbok Dani mengatakan...

Terimakasih, Maturnuwun Mas !

Unknown mengatakan...

Biyayanya bikin rak habisnya berapa bos?
Satu rak dapat menampung berapa toples.

esafa mengatakan...

TERIMAKASIH GAN, SANGAT MEMBANTU......

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting