Metode/ Teknik Baru Dalam Beternak Semut Rangrang... Belajar Dari Kekurangan Metode Lama..Kami Hadir Di Tahun 2015 ini Mengusung Pola - Teknik Terkini .Silahkan Bergabung ( http://laskarkroto.com )

Makanan Semut Rangrang

Hallo apa kabar rekan-rekan, ketemu lagi dengan Admin 2 Republik Kroto. Admin 1 lagi menyelesaikan sesuatu di Bandung. Malam ini saya mau memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan yang di kirim ke email. Salah satu pertanyaan yang mewakili pertanyaan teman lain adalah :
  1. Mas makanan apa yang bagus untuk ternak semut rangrang ? 
  2. Kenapa kalau di kasih jangkrik atau belalang selalu tidak habis ?

Dua pertanyaan di atas sering di kirimkan kepada kami.
Sekarang mari kita bahas sama-sama dengan kaidah ilmu "sanepan" atau ilmu pinjam istilah manusia dalam kehidupan sehari hari.
Sisi penjelasan ilmiah biar para pakarnya yang mengurusi. Yang penting bagi kita hasil panen kroto melimpah itu saja, urusan ilmiah atau tidak ilmiah saya sendiri tidak meyakini seratus persen apakah penjelasan saya.. masuk kategori ilmiah atau tidak.
Mungkin di masa yang akan datang ada yang menyempurnakan.Amin.
Yang pasti tulisan-tulisan kami dari hasil observasi sederhana di sebuah desa terpencil di sudut kota panas Lamongan.Dan kami posting di blog sederhana yang di siapkan gratis oleh google.

Mari kita mulai........!!!!

Makanan apa yang bagus untuk ternak semut rangrang ?

Jawaban ini merujuk pada kelengkapan elemen semut yang kita tangkar dalam satu wadah dalam hal ini toples ukuran kapasitas 5 liter...ada ratu, serta semut-semut operasional yang lain.Serta kondisi sudah stabil. 

Makanan yang bagus bagi semut rangrang tangkaran kita adalah makanan yang mengandung PROTEIN. Dari jenis makanan apa protein itu di dapatkan ? Dari Serangga yang meliputi  ( Jangkrik, Belalang, Capung dll..." Tommy aka Tomcat " tidak masuk golongan makanan mengandung protein untuk laskar semut kita loh..!! ) selain dari serangga sumber protein yang bisa kita berikan adalah telur.... bisa mentah ataupun di rebus. Ayam bagaimana Mas? Ya.... ayam juga dapat di kasihkan baik daging ayam mentah atau matang, jeroan ayam mentah ataupun matang, tak ketinggalan tulang juga doyan.

Lanjut......

Kenapa kalau di kasih jangkrik atau belalang selalu tidak habis ?

Pernah nonton film China tentang Vampire ?? Kalau anda pernah lihat film tersebut jawaban atas pertanyaan kedua  "Kenapa kalau di kasih jangkrik atau belalang selalu tidak habis ?." Jawabannya.....Semut rangrang cs kenapa tidak menghabiskan makanan yang kita beri ( Jangkrik atau Belalang ) karena :

  1. Anda tidak memperhatikan secara seksama apa yang di perbuat semut tangkaran anda. Kenapa saya bilang anda tidak memperhatikan / mengamati secara seksama.... karena semut-semut peliharaan anda sama seperti ilustrasi penggambaran film vampire. Artinya apa...artinya semut-semut anda cuma menggigit dan mengisap sari-sari makanan yang di butuhkan saja sedangkan wujud fisiknya tidak di makan. ( Sama kan, kayak film Vampire !!! Apa pernah anda lihat ada vampire makan tubuh manusia tidak pernah toh, yang makan tubuh manusia itu film Sumanto. )
  2. Makanan baik berupa jangkrik, belalang atau yang lainnya di simpan untuk stock cadangan makanan bagi generasi yang akan lahir ( kroto ). Insting semut ini dapat di buktikan dengan melihat tempat meletakkan makanan selalu di bagian atas saf . Dan ingat proses peletakan kroto selalu di mulai dari atas, bertahap turun ke tengah dan terakhir di dasar toples terbalik modifikasian kita.Proses peletakan kroto akan kita bahas di lain kesempatan.
Sekarang saya akan coba simpulkan penjabarkan dari mulai pertanyaan nomor satu dan di sambung pertanyaan nomor dua. Karena sebenarnya saling terkait kedua pertanyaan tersebut dengan berbagai macam mitos yang bergulir saat ini.

  • Makanan yang baik / bagus untuk laskar semut rangrang tangkaran kita adalah makanan yang mengandung Protein. Makanan yang mengandung protein bisa di dapatkan dengan kita memberikan Jangkrik, Belalang,Capung dalam KEADAAN HIDUP.Kenapa harus dalam keadaan hidup ?? Jawabanya adalah Karena serangga seperti jangkrik, belalang, capung dalam keadaan hidup masih berfungsi semua sistim organ tubuhnya termasuk peredaran darah dan akan memudahkan semut rangrang untuk mengunci / mencerna dengan zat feromon dan menghisapnya atau di bekukan untuk cadangan makanan bagi generasi yang akan lahir nanti dalam hal ini "kroto".( Stock cadangan makanan )
  • Terus bagaimana dengan telur, daging, jeroan, tulang ?? semuanya kan tidak hidup alias sudah mati . Betul semua sudah mati dan kalaupun di simpan oleh para semut... berarti telur, daging, tulang dll tadi sudah di awetkan dengan zat feromon untuk cadangan makanan. Kalaupun kita telat memberi cairan gula,,dan ada banyak semut mengerubutin makanan yang kita berikan tapi pada kenyataannya masih saja tetap utuh wujud makanan tersebut...maka jawaban yang cocok seperti saya jelaskan seperti vampire mengisap darah. Artinya yang kita lihat adalah ampas makanan sedangkan sari-sarinya sudah di hisap laskar semut kita.
  • Mungkin ada yang bertanya terus kenapa semut-semut itu lebih menyukai cairan gula yang kita berikan daripada makanan. Jawabannya sederhana.....semut-semut yang kita tangkarkan ini sekarang dari sisi pekerjaanya sudah ringan. Apa maksudnya sudah ringan?? mereka tidak membuat sarang yang membutuhkan berbagai macam protein untuk di pecah unsurnya jadi zat feromon. Sarang semut sudah kita carikan atau sudah kita ganti dengan TOPLES. Jadi yang semut-semut butuhkan saat ini cuma CAIRAN GULA untuk VITALITAS / ENERGI. Cairan gula ( Gula pasir dari tetes tebu di campur air ). Bagaimana dengan gula merah dari aren apakah mau semut rangrang ? Tetap mau tapi lebih menyukai gula pasir yang terbuat dari tetes tebu.
  • Kalau begitu saya mau kasih madu saja mas biar cepat berkembang biak...!!! Kawan......semut rangrang ini bukan manusia seperti kita atau hewan mamalia lain yang dengan mengkonsumsi madu makin baik tapi bagi semut rangrang makin buruk. Jadi kalau anda beranggapan dengan memberikan madu lebih baik itu SALAH BESAR. Kenapa salah besar ??? Sudah saya jabarkan di atas semut rangrang LEBIH menyukai gula yang terbuat dari tetes tebu atau sehari hari kita sebut gula pasir / gula putih...daripada gula merah / gula aren. Penjelasanya detailnya begini :  Gula,.... dalam proses manufakturnya, asam organik, protein, unsur nitrogen, enzim dan vitamin dalam tebu sebagian rusak, sedangkan madu, pemanis alami, hanya mengalami pemanasan yang minimal. Selain itu, madu memiliki antioksidan tertentu yang menguntungkan serta sifat anti bakteri yang tidak ditemukan pada gula.Tapi bagi semut rangrang Zat Antioksidan serta Anti Bakteri ini BERSINGGUNGAN / MERUGIKAN / KONTRA dengan fungsi Zat Feromon kepunyaan semut rangrang.Sedangkan semut rangrang SANGAT membutuhkan Zat Feromon ini untuk Navigasi serta mencerna berbagai macam makanan juga untuk pertahanan diri dari musuh.Kalau semut rangrang mengkonsumsi madu sama saja bunuh diri pelan-pelan karena lama kelamaan KESAKTIANYA AKAN LUNTUR ALIAS NETRAL menggigit tidak sakit kencing tidak perih dari baunya juga mungkin sedap tidak seperti biasanya baunya menyengat hasil buangan zat feromon ke udara untuk sinyal bahaya. Silahkan beri Madu yang paling asli sejagat kalau perlu....apakah semut rangrang anda mau mengkonsumsinya ?
Demikianlah sedikit jawaban atas pertanyaan yang di sampaikan teman-teman kepada kami. Semoga sedikit banyak ada guna.. serta manfaatnya. Mohon maaf kalau penjabaran penjelasan susah di cerna dari kacamata sains yang selalu ilmiah. Bagi kami yang penting.. semut-semut peliharaan di kandang mau bertelur banyak.. puji dan rasa syukur akan lebih kami panjatkan kepada Tuhan semesta alam.


Semoga bermanfaat.......!!!



Salam Hormat

15 komentar:

Unknown mengatakan...

Oc mas penjelasanya,gak ribet.malah dengan kata-2 sederhana mudah diserap oleh kita.

Unknown mengatakan...

trima karih infonya sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

infonya sgt bermanfaat. trimakasih

Cleeon mengatakan...

wow, terima kasih banyak berbagi ilmunya, jazakaLLAH khairan katsiran

Cleeon mengatakan...

wow, terima kasih berbagi ilmunya, jazakaLLAH khairan katsiran

rury mengatakan...

mas,kalau dkasih air tebu alami gmna...???? boleh apa nggk.....???? dan hasilnya seperti apa.....?????

Unknown mengatakan...

Untuk semua teman-teman terima kasih banyak sudah berkenan mapir di republik kroto

Unknown mengatakan...

u/ Mas Rury. Air perasan tebu tidak apa-apa silahkan di kasihkan. hanya kadang ada koloni yang tidak mau karena hasil proses kimiawi tebu yang di peras kurang sempurna ( zat-zat yang sejalan dengan kbutuhan semut )

rury mengatakan...

ok mas,terimakasih infonya.....

koswara_tea mengatakan...

thank mas bro info nya...

koswara_tea mengatakan...

thank mas bro info nya...

burzapulsa.blogspot.com mengatakan...

maaf..berapa tingkat kekentalan air gula yg disukai semut kroto..

Nurjanah mengatakan...

bahasane pnak bget,tp mudah.mudahan prakteknya jg mudah.

Nurjanah mengatakan...

matur suwun,

haji rullah mengatakan...

Tks..pencerahan nya bro"

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting